BLOG

Prospek Investasi Properti di Jakarta Garden City

Prospek Investasi Properti di Jakarta Garden City

Jakartagardencity.id, BekasiSiapa yang tak mengenal Jakarta Garden City, kawasan residensial sekaligus kota mandiri yang berlokasi di Cakung Jakarta Timur ini terus menjelma menjadi salah satu kawasan berkembang yang jadi pusat gaya hidup. Tercatat, pusat perbelanjaan dan hiburan besar seperti AEON Mall dan IKEA mengembangkan sayap bisnisnya di kawasan ini.

Dikembangkan lebih dari satu dekade yang lalu, Jakarta Garden City terus berkembang dan menghadirkan berbagai fasilitas unggulan yang memiliki daya tarik tersendiri. Aneka fasilitas terus dikembangkan untuk menghadirkan lingkungan terbaik di Jakarta Timur. Berbagai fasilitas di antaranya, Food Garden, IKEA, Rumah Sakit Mayapada, AEON Mall telah beroperasi sejak 2017 yang lalu.

Selain menawarkan berbagai fasilitas dan lingkungan yang berkembang, Jakarta Garden City juga memiliki akses Jalan Tipar-Cakung yang sudah beroperasi sehingga perjalanan Jakarta Garden City menuju Kelapa Gading hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Saat ini Jakarta Garden City terus membenahi kawasannya menjadi eco township yakni Kota Mandiri yang mengharmonisasikan alam sekitar dengan kehidupan modern. Hasilnya adalah lingkungan yang asri namun tetap memiliki keunggulan dan kemudahan kawasan modern.

Untuk itu, Jakarta Garden City tidak hanya cocok bagi keluarga yang mendambakan kenyamanan tinggal namun juga keuntungan investasi di masa depan. Tidak hanya soal investasi pada sektor properti residensial, Jakarta Garden City juga menawarkan investasi properti komersial yang memiliki potensi yang sangat tinggi.

Sebagai salah satu kawasan paling berkembang di Jakarta Timur, apa saja prospek investasi di Jakarta Garden City? Simak selengkapnya di sini.

Jakarta Garden City Menjadi Pusat Gaya Hidup di Jakarta Timur

Pada Maret 2020 yang lalu, Jakarta Garden City terus mengintensifkan pembangunan area komersil untuk menciptakan ekosistem bisnis dan pusat gaya hidup di Jakarta Timur. Hasilnya adalah serah terima properti komersial bertajuk shop house Cleon Park dan life style Neweast. Pembangunan kedua proyek komersial tersebut melengkapi berbagai area komersil yang telah berjalan di Jakarta Garden City.

Selain di sektor komersial, berbagai pemodal besar turut berkontribusi menjadikan Jakarta Garden City sebagai pusat gaya hidup di Jakarta Timur. Sebut saja misalnya AEON Mall yang merupakan salah satu anak usaha investor global membuka bisnisnya di Jakarta Garden City. Selanjutnya adalah IKEA yang merupakan perusahaan ritel besar asal Swiss turut membuka gerainya di Jakarta Garden City.

Perkembangan Infrastruktur

Perkembangan Infrastruktur memegang peran penting dalam mendorong prospek investasi properti. Berbagai proyek infrastruktur ini disebar secara merata di seluruh kawasan Jakarta Timur dan berlanjut hingga Bekasi. Sedikit ke wilayah utara yang berbatasan dengan Cakung, Pemerintah Pusat dan Daerah tengah membangun jalan baru sepanjang sekitar 20 kilometer. Di antaranya menambah kapasitas Jalan Perjuangan dengan membangun jalan baru di sisi barat saluran, kemudian membangun jalan baru Pangeran Jayakarta, Jalan Mawar (Medansatria), dan Jalan Baru Underpass sisi barat (Bekasi Timur).

Sementara itu di bagian selatan ada pembangunan jalan baru SS Jakasetia dari Pekayon hingga Jatiasih sepanjang lima kilometer. Ditambah lagi, infrastruktur di wilayah selatan terbantu dengan proyek strategis nasional mulai dari Tol Cibitung-Cimanggis, Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Elevated, Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan melintasi Jatiasih dan Bantargebang, dan LRT Bekasi Timur-Cawang yang juga melewati Cakung.

Dekat dengan Exit Tol Cakung

Jalan Tol menjadi salah satu infrastruktur transportasi terpenting di Ibu Kota. Jakarta Garden City memberikan akses yang sangat mudah ke Pintu Tol Cakung. Pintu Tol Cakung merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).  Dari Jakarta Garden City menuju pintu tol Cakung hanya diperlukan waktu kurang dari 10 menit saja. Hal ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuni Jakarta Garden City untuk mengakses infrastruktur transportasi Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Jalan tol ini adalah adalah rangkaian jalan tol yang melingkari bagian luar Jakarta yang telah terkenal sejak awal dasawarsa 1990-an. Jalan tol pertama yang dibangun dan kemudian menjadi bagian dari JORR adalah seksi Cikunir-Cakung pada tahun 1990. Saat ini, tol JORR sudah sampai gerbang tol Cakung yang termasuk kawasan Jakarta Timur. JORR sendiri terbagi menjadi 4 bagian besar: ruas Pondok Pinang-Pasar Rebo, ruas Pasar Rebo-Rorotan dikelola oleh PT Jalantol Lingkarluar Jakarta, ruas Kembangan-Penjaringan dikelola oleh PT Jakarta Lingkar Baratsatu, dan ruas Kembangan-Ulujami.

Kenaikan Harga yang Positif

Hunian dan properti merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Namun, keterbatasan lahan membuat pengembangan properti kian terbatas. Oleh karena itu, terus meningkatnya kebutuhan hunian dan semakin menipisnya ketersediaan lahan membuat harga properti selalu naik dalam jangka panjang. Fluktuasi harga properti memang sering terjadi, namun dalam jangka panjang fluktuasi harga properti selalu menghasilkan kenaikan yang cukup signifikan. Faktor kelangkaan menjadi faktor utama yang mendorong terus naiknya harga properti.

Oleh karena itu, investasi rumah memang cenderung dilakukan dalam jangka panjang untuk mendapatkan return atau imbal hasil yang berlipat ganda. Return atau imbal hasil ini diperoleh dari perbedaan harga beli dan harga jual. Umumnya, harga rumah akan naik lebih dari 100 hingga 300 persen dalam jangka waktu tahunan bergantung pada lokasi dimana rumah tersebut berdiri. Kenaikan yang sangat tinggi tersebut menjadikan investasi properti sebagai salah satu investasi yang menjanjikan keuntungan sangat tinggi. (ADR)

imgWAchatYuk wa